Tutorial PHP Basic #01 Pengantar PHP

Pengenalan PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor.

PHP adalah bahasa scripting sisi server yang sangat populer dan banyak digunakan untuk menulis halaman web yang dihasilkan secara dinamis. PHP pada awalnya dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Awalnya dikenal sebagai Personal Home Page.

Script PHP dieksekusi di server dan hasilnya dikirim ke browser web sebagai HTML biasa. PHP dapat diintegrasikan dengan sejumlah database populer, termasuk MySQL, PostgreSQL, Oracle, Microsoft SQL Server, Sybase, dan sebagainya. Versi utama PHP saat ini adalah 7. Semua kode dalam tutorial ini telah diuji dan divalidasi terhadap rilis terbaru dari PHP 7.

PHP adalah bahasa yang sangat kuat namun mudah dipelajari dan digunakan. Jadi tandai situs web ini dan lanjutkan.

Yang Dapat Anda Lakukan dengan PHP?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan PHP.

  1. Anda dapat menghasilkan halaman dan file secara dinamis.
  2. Anda dapat membuat, membuka, membaca, menulis, dan menutup file di server.
  3. Anda dapat mengumpulkan data dari formulir web seperti informasi pengguna, email, no telepon, dll.
  4. Anda dapat mengirim email ke pengunjung situs web Anda.
  5. Anda dapat mengirim dan menerima cookie untuk melacak pengunjung situs web Anda.
  6. Anda dapat menyimpan, menghapus, dan mengubah informasi dalam basis data Anda.
  7. Anda dapat membatasi akses tidak sah ke situs web Anda.
  8. Anda dapat mengenkripsi data untuk transmisi yang aman melalui internet.

Daftarnya tidak berakhir di sini, ada banyak hal menarik lain yang bisa Anda lakukan dengan PHP. Anda akan mempelajari semuanya secara rinci di bab-bab berikutnya.

Keuntungan PHP dibanding Bahasa Lain

Jika Anda terbiasa dengan bahasa sisi server lain seperti ASP.NET atau Java, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang membuat PHP begitu istimewa. Ada beberapa keuntungan mengapa seseorang harus memilih PHP.

  • Mudah dipelajari: PHP mudah dipelajari dan digunakan. Untuk programmer pemula yang baru memulai pengembangan web, PHP sering dianggap sebagai pilihan bahasa yang lebih baik untuk dipelajari.
  • Sumber terbuka: PHP adalah proyek sumber terbuka. Ini dikembangkan dan dikelola oleh komunitas pengembang di seluruh dunia yang membuat kode sumbernya tersedia secara bebas untuk diunduh dan digunakan.
  • Portabilitas: PHP berjalan pada berbagai platform seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dll. Dan kompatibel dengan hampir semua server yang digunakan saat ini seperti Apache, IIS, dll.
  • Kinerja Cepat: Skrip yang ditulis dalam PHP biasanya menjalankan atau menjalankan lebih cepat daripada yang ditulis dalam bahasa skrip lain seperti ASP, Ruby, Python, Java, dll.
  • Vast Community: Karena PHP didukung oleh komunitas di seluruh dunia, mencari bantuan atau dokumentasi yang berkaitan dengan PHP online sangat mudah.

Apa yang Akan Kita Pelajari Pada Seri PHP ini?

Pada Seri Tutorial PHP ini kita akan mempelajari semua konsep pemrograman dasar, termasuk tipe data, operator, membuat dan menggunakan variabel, menghasilkan output, menyusun kode Anda untuk membuat keputusan dalam program Anda atau untuk mengulangi blok kode yang sama beberapa kali, membuat dan memanipulasi string dan array, mendefinisikan dan memanggil fungsi, dan sebagainya.

Setelah Anda merasa nyaman dengan dasar-dasarnya, kita akan pindah ke tingkat berikutnya yang menjelaskan sistem file konsep, sesi dan cookie, tanggal dan waktu, serta cara mengirim email dari skrip Anda, menangani dan memvalidasi formulir, melakukan data penyaringan dan penanganan kesalahan dalam PHP.

Terakhir, Anda akan menjelajahi beberapa konsep canggih seperti kelas dan objek, mem-parsing data JSON, pencocokan pola dengan ekspresi reguler, penanganan pengecualian serta cara menggunakan PHP untuk memanipulasi data dalam database MySQL dan membuat fitur yang berguna seperti sistem login pengguna, pencarian Ajax , dll.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × one =