Tutorial PHP Basic #02 Memulai PHP

Memulai PHP

Disini kita akan belajar betapa mudahnya membuat halaman web dinamis menggunakan PHP. Sebelum memulai, pastikan untuk memiliki editor kode dan beberapa pengetahuan HTML dan CSS yang berfungsi.

Jika Anda baru memulai dalam pengembangan web, mulailah belajar dari sini »

Baiklah, mari kita langsung ke pembahasan.

Meginstall Server Web Lokal

Skrip PHP dijalankan di server web yang menjalankan PHP.

Jadi sebelum Anda mulai membuat program PHP apa pun Anda perlu menginstal program berikut di komputer/laptop yang anda gunakan.

  • Server Web Apache
  • PHP Server
  • Database MySQL

Anda dapat menginstalnya secara individual atau memilih paket yang sudah dikonfigurasi untuk sistem operasi Anda seperti Linux dan Windows.

Paket pra-konfigurasi yang populer adalah XAMPP dan WampServer. WampServer adalah lingkungan pengembangan web Windows. Ini memungkinkan Anda membuat aplikasi web dengan Apache2, PHP, dan database MySQL. Ini juga akan menyediakan alat administrasi MySQL PhpMyAdmin untuk mengelola database Anda dengan mudah menggunakan browser web.

Situs web resmi untuk mendownload dan panduan instalasi untuk WampServer sudah saya sediakan pada link diatas.

Membuat Skrip PHP Pertama Anda

Sekarang, setelah Anda berhasil menginstal WampServer di komputer Anda. Pada bagian ini kita akan membuat skrip PHP yang sangat sederhana yang menampilkan teks “Halo, dunia!” di jendela browser.

Ok, klik ikon WampServer di suatu tempat di bilah tugas Windows Anda dan pilih “direktori www”. Atau, Anda dapat mengakses direktori “www” melalui menavigasi C: \ wamp \ www. Buat subdirektori di direktori “www”, misalkan “project”. Sekarang buka editor kode favorit Anda dan buat file PHP baru kemudian ketikkan kode berikut:

Sekarang simpan file ini sebagai “hello.php” di folder proyek Anda (terletak di C: \ wamp \ www \ project), dan lihat hasilnya di browser Anda melalui mengunjungi URL ini: http: //localhost/project/hello.php .

Atau, Anda dapat mengakses file “hello.php” dengan memilih opsi localhost dan kemudian memilih folder proyek dari menu WampSever di taskbar.

PHP dapat disematkan dalam halaman web HTML normal. Itu berarti di dalam dokumen HTML Anda, Anda dapat menulis pernyataan PHP, seperti yang ditunjukkan dalam contoh berikut:

kita akan mempelajari arti dari setiap baris kode diatas dalam bab-bab selanjutnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − two =